RSS Feed

Asam Amino Hydroxygen Plus-Unit Penting Pembangun Protein Tubuh

Asam Amino Hydroxygen Plus-Unit Penting Pembangun Protein Tubuh


Asam amino seringkali disebut dan dikenal sebagai zat pembangun yang merupakan hasil akhir dari metabolisme protein. Asam amino memiliki kandungan nitrogen sebesar 16 persen. Untuk mengetahui pentingnya asam amino, anda harus mengerti seberapa pentingnya protein bagi kehidupan. Protein adalah senyawa yang berperan untuk pembentukan segala kehidupan di muka bumi ini. Setiap organisme yang hidup, dimulai dari mikroba terkecil sampai dengan mahluk terbesar terbentuk dari protein.
Protein berperan dalam proses kimia yang melangsungkan kehidupan melalui berbagai macam bentuk. Protein merupakan substansi terbesar kedua yang dimiliki oleh tubuh kita setelah air. Di dalam tubuh manusia, protein membentuk otot, ligamen, urat syaraf, organ, kelenjar, kuku, rambut, cairan tubuh yang vital, dan sangat esensial bagi pertumbuhan tulang, mengatur keseimbangan air, pembentukan antibodi, transportasi zat gizi dan lain-lain. Enzim-enzim serta hormon yang melakukan fungsi sebagai katalisator dan mengatur fungsi tubuh terdiri dari protein.

Protein adalah rantai dari asam amino yang terhubung menjadi satu dengan apa yang disebut ikatan peptida (peptide bonds). Setiap protein yang berbeda memiliki rangkaian asam amino berbeda dengan susunan yang spesifik. Protein yang membentuk tubuh tidaklah diperoleh secara langsung dari makanan kita, melainkan protein yang kita konsumsi dipecahkan menjadi asam amino yang oleh tubuh dimanfaatkan untuk pembentukan protein tertentu yang dibutuhkan. Oleh karena itu, asam amino merupakan nutrisi esensial dibandingkan dengan protein itu sendiri.

Asam amino umumnya dibedakan menjadi dua yaitu asam amino esensial dan non esensial. Esensial berarti asam amino yang harus didatangkan dari luar (dari makanan) karena tidak dapat dibuat oleh tubuh. Sedang non esensial berarti dapat dibuat oleh tubuh. Asam amino membuat kerja dari vitamin dan mineral dapat berlangsung dengan sesuai. Tanpa kehadiran asam amino, vitamin dan mineral tidak akan bekerja efektif walaupun mereka hadir secara cukup di dalam tubuh kita. Para vegetarian sangat dianjurkan untuk mendapatkan asupan asam amino esensial melalui suplementasi untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan protein tubuh mereka.

Hydroxygen Plus dan Silica Plus mengandung asam amino :

Arginine, Histidine, Isoleucine, Leucine, Lysine, Methionine, Phenylalanine, Threonine.Alanine, Aspartic acid, Cystine, Glutamic acid, Glycine, L-Carnitine, Proline, Serine, Valine, Tyrosine.

Beberapa manfaat asam amino untuk menjaga kesehatan :

Arginine bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh/produksi limfosit, melawan pertumbuhan tumor, membangun otot dan membakar lemak/meningkatkan pengeluaran hormon pertumbuhan (HGH), mempercepat penyembuhan luka bakar dan luka lain, Perlindungan terhadap hati dan detoksifikasi bahan berbahaya, dan meningkatkan kesuburan pria.

Histidine bermanfaat baik untuk kesehatan radang sendi.

Leucine-Isoleucine-Valine (asam amino rantai cabang) baik untuk memperbaiki kerusakan hati, dan baik untuk kesehatan saraf.

Lysine bermanfaat didalam pencegahan dan penanganan pada herpes, membangun masa otot/meningkatkan pengeluaran hormon pertumbuhan (HGH).

Methionine mengandung sulfur, sebagai lipotropik (membakar lemak), membantu sintesa cysteine dan taurine yang bermanfaat untuk pengaturan sistem saraf, otot dan pertumbuhan normal.

Phenylalanine bermanfaat untuk sintesa neurotransmitter (dopamine, norepinephrine, epinephrine), meningkatkan kesehatan mental dan penanganan pada depresi, mengurangi rasa sakit/anti inflamasi, mengontrol keinginan makan yang berlebihan.

Aspartic acid bermanfaat untuk penanganan pada kelelahan kronis, peningkatan energi, dan mengatasi kekakuan saat berhenti dari kecanduan.

Cysteine mengandung sulfur, prekursor glutathione, perlindungan sel melawan radikal bebas, detoksifikasi, perlindungan terhadap racun & polutan (termasuk rokok dan alkohol), perlindungan terhadap radang sendi.

Glutamic acid bermanfaat menahan keinginan konsumsi alkohol berlebih, mempercepat penyembuhan luka pada usus (peptic ulcer), meningkatkan kesehatan mental/IQ, meredam depresi.

Glycine baik untuk menghambat proses dalam otak yang menyebabkan kekakuan gerak seperti pada Multiple Sclerosis.

Tyrosine dapat disentesa dari phenylalanine di dalam tubuh, mengurangi stress, anti depresi, baik bagi penanganan PMS, detoksifikasi obat dan kokain.

L-carnitine, di dalam tubuh dapat dibuat dari lysine dan methionine. Dipengaruhi oleh Vitamin B6, niasin, vitamin C, dan zat besi. Mengangkut asam lemak ke mitokondria sebagai sumber energi. Bermanfaat bagi perlindungan penyakit jantung, otot (membangun otot dan stamina), hati, diabetes, dan ginjal.